KPU SULUT hadiri Rakor Penyusunan Laporan Keuangan

KPU SULUT hadiri Rakor Penyusunan Laporan Keuangan

Jakarta, kpu-sulutprov.go.id - Bertempat di Hotel Grand Mercure Jakarta Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mengadakan Rapat Penyusunan Laporan Keuangan Dana Pemilu terkait Rekonsiliasi (e-rekon) dan Penyusunan Laporan Keuangan Semester II/ Tahunan Tahun 2017. Arif Boediman selaku Ketua KPU RI membuka acara secara resmi, Rabu (7/1) di dampingi oleh Komisioner Pramono Ubaid Tanthowi, Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU Arif Rahman Hakim serta Kepala Biro Keuangan Nanang Priyatna.

KPU Provinsi Sulawesi Utara dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh V.J.A. Oroh selaku Sekretaris didampingi Evans Tulungen selaku Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bagian Keuangan, Umum dan Logistik beserta dengan Enjels Kaseger selaku Operator.

Pelaksanaan Rapat ini bertujuan untuk konsolidasi Laporan Keuangan Keuangan maupun Barang di Tingkat Eselon I KPU RI. Selain itu juga untuk menyusun Laporan Keuangan Semester II/Tahunan Tahun 2017. Peserta yang diundang yaitu Sekretaris, Operator Sistem Aplikasi Informasi Berbasis Aktual (SAIBA) juga Operator Sistem Informasi Manajemen dan Akutansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) dari 34 Provinsi di Indonesia.

Dalam sambutannya Arief Budiman menyampaik kepada Peserta rapat untuk terus melakukan pemantauan Laporan Keuangan di wilayah kerja masing-masing demi tercapainya target opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Berkaca pada opini yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) untuk KPU RI pada Laporan Keuangan Tahun 2016 masih pada opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP)

Persoalan laporan pemeriksaan di KPU masih terkait penggunaan anggaran khususnya hibah pemilihan kepala daerah (pilkada). “Jadi yang menjadi permasalahan kita dalam pelaksanaan serta pertanggungjawaban keuangan masih berkutat pada lemahhnya pertanggungjawaban dan penggungkatan Pengelolaan Dana Hibah Pilkada. Bapak, Ibu Sekretaris Provinsi dimohon untuk melakukan monitoring terhadap KPU Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah,” ucap Arief di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Acara Rapat Penyusunan Laporan Keuangan Dana Pemilu terkait Rekonsiliasi (e-rekon) dan Penyusunan Laporan Keuangan Semester II/ Tahunan Tahun 2017 berlangsung selama tiga hari dan berakhir Jumat (9/2). Dihari kedua dan ketiga akan menghadirkan sejumlah narasumber antara lain BPK, Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB), Direktorat Jenderal Pelaksanaan Anggaran (DJPA), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), serta Inspektorat KPU. 

Untuk kelas Operator SAIBA dan Operator SIMAK BMN selang 2 (dua) hari melakukan Rekonsiliasi dengan Bagian Akuntansi dan Pelaporan Biro Keuangan serta Biro Umum untuk pencocokan Saldo Awal serta Laporan Keuangan dan Barang. (admin/kpusulut/evans)



  • KPU Provinsi Sulawesi Utara

    Alamat Kantor
    Jl. Diponegoro No. 25, Kota Manado

    Telepon


    Fax

  • FAN PAGE

  • TWITTER