Pujiastuti beri Pengarahan Bagi KPU Kabupaten/Kota

Pujiastuti beri Pengarahan Bagi KPU Kabupaten/Kota

Manado, kpu-sulutprov.go.id - Setelah dilantik Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Pujiastuti selaku Sekretaris KPU SULUT definitif memberikan arahan kepada Sekretaris, Operator Keuangan dan Barang di Lingkungan KPU Kabupaten/Kota se Sulawesi Utara.

Arahan yang disampaikan oleh Tuti panggilan akrabnya dilakukan pada saat Pelaksanaan Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Semester II/Tahunan Tahun Anggaran 2018, Kamis (24/01) di Ruang Aula Kantor KPU SULUT. Dalam kesempatan ini masing- masing Sekretaris KPU Kabupaten/Kota ditanya terkait komitmen untuk mempertahankan Opini Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) tetap dalam Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Tahun Anggaran 2018.

“Bapak/Ibu Sekretaris ini penting saya tanyakan kepada para Sekretaris, karena Penyusunan Laporan Keuangan KPU bermula dari Satker Kabupaten/Kota dan dikonsolidasi ke Laporan Tingkat Lembaga. Oleh karena itu perlu ada komitmen yang kuat dari para Sekretaris untuk mendorong Staf dan Pejabat yang berwenang untuk menyusun Laporan keuangan yang Akuntabel dan tentu sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) yang berlaku.” ujar Tuti. 

Meidy Malonda selaku Sekretaris KPU Kab. Minahasa menyampaikan bahwa KPU Minahasa berkomitmen untuk mendukung misi KPU RI untuk mempertahankan WTP dengan cara yaitu memaksimalkan anggaran yang ada sesuai dengan peruntukan dengan memperhatikan peraturan keuangan yang berlaku sehingga semua kegiatan bisa dipertanggungjawabkan secara formil dan materi.

Selain itu Tuti dalam arahannya menekankan perlu adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten sesuai dengan Tupoksi masing- masing, sehingga semua pekerjaan boleh diselesaikan dengan baik dan akuntabel, serta perlu adanya komunikasi yang baik antara sekretariat dengan Komisioner.

“Komunikasi iyang baik dalam organisasi sangat penting dilakukan untuk menciptakan organisasi kerja yang kondusif. Jadi Sangat diharapkan kepada Sekretaris ketika dalam Rapat leno Periodik untuk dapat menyampaikan setiap realisasi anggaran dan rencana kerja untuk mendukung tugas- tugas komisioner”, saut mantan Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan Biro Keuangan KPU RI.

Dalam arahannya juga disampaikan untuk mempersiapkan semua laporan pertanggungjawaban keuangan Pemilu 2019, dikarenakan setelah pemilu selesai dilaksanakan akan dilakukan audit oleh Pemeriksa dari pihak Eksternal. Oleh karena itu penting untuk menyiapkan semua dokumen yang berkaitan dengan pertanggungjawaban kegiatan maupun keuangan.

Turut mendapingi Pujiastuti dalam memberikan arahan, hadir Kepala Bagian Rumah Tangga Biro Umum KPU RI Achmad Syaifudin, Raymond Mamahit selaku Kepala Bagian Keuangan, Umum dan Logistik serta, Lani Alou selaku Kasubbag Keuangan dan Evans Tulungen selaku Kasubbag Umum dan Logistik. (admin/kpusulut/evans)



Tags :

  • KPU Provinsi Sulawesi Utara

    Alamat Kantor
    Jl. Diponegoro No. 25, Kota Manado

    Telepon


    Fax

  • FAN PAGE

  • TWITTER